JURNAL

Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 9 tahun 2018 tentang Akreditasi Jurnal Ilmiah merupakan bagian yang penting sekali dalam upaya reformasi birokrasi penjaminan mutu pengelolaan jurnal ilmiah nasional. kewajiban setiap artikel harus memiliki DOI dimaksudkan untuk memudahkan pertukaran dan integrasi data ke berbagai basis data pengindeks. Setelah dinyatakan lolos persyaratan administrasi, setiap jurnal akan ditelaah oleh sekurang- kurangnya dua asesor manajemen dan dua asesor substansi yang sesuai dengan lingkup keilmuan jurnal.

Peringkat jurnal hasil akreditasi dapat dilihat di portal SINTA (http://sinta2.ristekdikti. go.id) dengan nama Sinta 1 sampai Sinta 6. Jurnal yang nilainya kurang dari 30 akan dibina secara khusus oleh Kemenristekdikti melalui mekanisme pelatihan dan pendampingan sampai jurnal tersebut dapat terakreditasi demikian juga dengan jurnal yang akan naik peringkat.

untuk mengukur mutu suatu terbitan jurnal ilmiah dengan memenuhi persyaratan mutu tertentu, penerbit jurnal ilmiah harus menjaga dan meningkatkan mutu terbitannya agar terbitannya menjadi wahana komunikasi ilmiah antara peneliti, akademisi, dan masyarakat pengguna dalam mencapai sasaran, yakni mengembangkan ilmu pengetahuan dan memenuhi kebutuhan pembangunan di Indonesia sebagai sarana untuk mengukur apakah suatu jurnal ilmiah sudah memenuhi persyaratan mutu minimum untuk diberi pengakuan akreditasi nasional dan selanjutnya dapat ditindaklanjuti dengan melakukan indeksasi ke pengindeks bereputasi internasional.

1. http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail/?id=6135

2. http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=6300

 

3. http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=6318

4. http://sinta2.ristekdikti.go.id/journals/detail?id=5574

 

5. http://jurnal.biounwir.ac.id/index.php/mangiferaedu

6. http://sinta.ristekdikti.go.id/journals/detail/?id=5716